10 Obat Luka Disekitar Kita

Mencari Obat Luka Cepat di Sekitar Kita


Beberapa hari ini admin mencoba melirik beberapa artikel di berbagai media, dikarenakan asal muasal nya kaki yang kena luka. Akhirnya mencoba mencari obat secepatnya. Dan rupanya banyak sekali tanaman yang berkhasiat untuk mempercepat penyebuhan luka di sekitar lingkungan kita, hanya saja terkadang kita lupa atau tidak tahu tanaman apa itu namanya.

Berikut 10 Tanaman Disekitar Kita yang termasuk obat luka

1. Antanan


Tanaman antanan ini ternyata dibalik menyerupai tanaman liar yang satu ini ada manfaatnya luar biasa bagi kesehatan tubuh kita khususnya sebagai pengering luka. Dan dari hasil penelitian para ahli yang dapat mempertanggungjawabkan kebenarannya, pada tanaman antanan ditemukan zat aktif asiaticosida. Kandungan zat aktif ini terbukti mempercepat penyembuhan luka secara alami dalam waktu yang relatif singkat.



2. Lidah Buaya


Lidah buaya memiliki berbagai jenis senyawa aktif secara biologis, seperti mannans acetate, polymannans, antrakuinon, berbagai lektin dan saponin serta senyawa antrakuinon. Senyawa antrakuinon yang ada di lidah buaya adalah zat yang bisa mencegah bakteri. Rahasia tanaman ini sebenarnya ada di daun Ladies. Di balik daunnya yang unik dan berduri adalah zat anti-bakteri, anti jamur, dan anti-virus yang dapat menghindari luka-luka anda dari infeksi. Jangan sampai disitu, sebenarnya tanaman ini bisa memiliki zat yang bisa merangsang pergantian kolagen sampai luka alami kulit Anda lebih cepat diobati.

3. Daun Harendong (Senggani)


Tanaman ini biasanya tumbuh subur di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian sekiar 1.650 m. Dari kondisi ini menjadikan tanaman ini agak sulit ditemukan, namun bagi anda jangan perlu khawatir karena tanaman harendong bisa dengan mudah untuk di budidayakan di perkarangan rumah kita sebagai TOGA (Tanaman Obat Rumah Tangga) dengan media pembibitan pada pot berukuran sedang.

4. Daun betadine


Dari kandungan antimikroba dan sel yang rusak di tanaman betadin ternyata mampu mempercepat pengeringan luka dalam waktu yang relatif singkat. Selain mempercepat penyembuhan luka, tanaman betadin juga berperan aktif dalam menghilangkan bekas luka yang menghitam, inilah alasan mengapa tanaman ini termasuk ke dalam jenis tanaman obat di luar luka yang tidak dapat diremehkan keberadaannya.

5. Cocor bebek


Intinya, semua sisi tanaman cocor bebek bisa dijadikan obat, walau demikian umumnya yang kerap digunakan yaitu daun cocor bebek, karena daunya merupakan bagian dari tanaman cocor bebek yang paling banyak terkandung air serta berlendir. Daun cocor bebek mengandung asam malat, resin, zat lendir, magnesium malat, kalsium oksalat, asam format dan tanin. Memiliki karakter antiinflamasi, hentikan pendarahan, mengurangi pembengkakan, dan mempercepat perawatan luka.

6. Putri malu


Mengutip dari ayurvedicindia.info, masyarakat di banyak negara menggunakan tanaman putri malu sebagai bahan obat. Di Filipina akarnya digunakan sebagai diuretik, obat disentri dan dismenore. Masyarakat India memanfaatkannya untuk pengendalian kelahiran. Jus dari tumbuhan ini digunakan secara eksternal untuk mengatasi luka, untuk diabetes, pembengkakan. Di Meksiko, tumbuhan ini dimanfaatkan untuk menenangkan depresi.

Di Cina tanaman putri malu mempunyai khasiat cukup besar untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dari daun hingga akarnya, tanaman ini berkhasiat untuk transquillizer (penenang), ekspetoran (peluruh dahak), diuretic (peluruh air seni), antitusif (antibiotik), antipiretik (penurun panas), dan antiradang.

7. Pohon Inai / Tanaman Pacar


Banyak tumbuhan alami yang telah dicontohkan Rasulullah SAW untuk menjadi obat. Salah satunya adalah Pohon Pacar yang dikenal dengan nama Henna atau Inai. Pohon ini biasanya jadi bahan baku untuk mewarnai kuku, penghias kaki dan tangan di berbagai daerah seperti Afrika Utara, Timur Tengah, India termasuk Indonesia.
Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi, dari Ali bin Ubaidillah dari neneknya, Salma yang pernah menjadi pelayan Nabi Muhammad SAW, beliau berkata, “Tidaklah Rasulullah SAW ketika terkena luka yang bernanah dan luka parah kecuali beliau selalu memerintahku untuk meletakkan pohon pacar diatas luka tersebut,” (HR At-Tirmidzi).
Selain dapat mengobati luka koreng atau borok, beberapa penyakit juga dapat disembuhkan dengan pohon inai. Tanaman ini juga dapat dijadikan cream untuk memperhalus dan memperkuat jari-jari. Inai yang dicampur mentega dapat digunakan untuk membalut tumor ganas yang mengalirkan residu kuning.

Selain berfungsi sebagai penyembuh luka, pohon ini juga berfungsi sebagai obat penambah gairah seksual dan juga mampu mengatasi pembengkakan. Dalam masalah kecantikan, Henna ini mampu memacu pertumbuhan rambut karena kandungan protein yang memberikan nutrisi penting bagi rambut. Tumbuhan ini juga mampu mencegah rambut rontok, melindungi rambut dari sinar matahari, mencegah rambut beruban, dan membuat rambut bercahaya sekaligus menjaga kelembaban rambut.

8. Daun Binahong


Daun binahong dapat dimanfaatkan sebagai obat luar maupun obat dalam. Manfaat daun binahong sebagai obat luar adalah sebagai berikut.
Daun dan batang tanaman binahong ini dapat digunakan untuk mengobati luka memar akibat pukulan, percikan api, rematik, pegel linu, dan nyeri urat. Caranya dengan menumbuk daun dan batang sampai halus kemudian mengoleskannya pada bagian yang sakit.

9. Daun Obat merah / Babadotan


Tanaman obat masih banyak digunakan oleh masyarakat terutama di daerah pedesaan. Karena wilayah pedesaan yang masih asri dan terjaga. Persebaran tanaman obat itu sendiri pemakaian tanaman obat seperti babadotan, ki urat, antanan banyak digunakan sebagai sarana pengobatan luka berdarah

10. Daun Dewa


Termasuk dalam tanaman Analgesik (meredakan rasa nyeri) - Anti Inflamasi (anti radang) - Khasiat daun dewa melancarkan sirkulasi darah. - Daun dewa digunakan untuk obat menurunkan tekanan darah tinggi. - Khasiat daun dewa mengobati luka memar. - Daun dewa sebagai obat pereda rasa nyeri. - Khasiat daun dewa sebagai obat anti radang. - Daun Dewa obat untuk menghentikan pendarahan. - Khasiat daun dewa sebagai obat meluruhkan kencing. - Daun dewa adalah obat penurun panas. - Khasiat daun dewa sebagai obat kencing manis atau diabetes mellitus. - Daun dewa obat pembersih racun dalam tubuh.

Pilihan

Beberapa hari ini, banyak sekali inbox dari video yang kami share ini berbagai media sosial, tentang anak-anak SMA beserta gurunya yang men...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel