10 cara Menghilangkan ngorok pada saat tidur



1. Mengurangi Berat Badan
Mengurangi berat badan jika memiliki berat badan berlebih. jika berat badan anda berlebih maka sangat disarankan untuk mengurangi berat badan anda mengukur berat badan yang ideal yaitu dengan menggunakan rumus Brosca

Cara menghitung berat badan dengan menggunakan rumus Brosca
Laki-laki : Berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) - 100} - {[tinggi badan (cm) - 100] x 10%}
Perempuan : Berat badan ideal (kg) = {tinggi badan (cm) - 100} - {[tinggi badan (cm) - 100] x 15%}

2. Tidur Miring
Sangat disarankan untuk tidur miring, bahkan dalam agama islam sangat disarankan untuk tidur dalam posisi miring ke kanan berikut kutipan hadistnya :

Dalam sebuah riwayat Al-Bara′ bin Azib menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

“Apabila kamu hendak berangkat ke tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah pada sisi badan sebelah kanan…,” (HR. Bukhari-Muslim)

Memang benar bahwa tidak ada syariat satu pun dalam agama islam kecuali memabawa maslahat bagi umat manusia. Baik maslahat bagi jiwanya maupun maslahat bagi jasmaninya. Begitu juga dengan anjuran Nabi Saw dalam hadis di atas. Ternyata tidur dalam posisi berbaring sebelah kanan menyimpan rahasia medis yang luar biasa.
Sebenarnya ketika tidur, seseorang mungkin saja melakukannya dengan cara tengkurap, telentang, atau berbaring pada salah satu sisi badan; sebelah kanan maupun kiri. Tapi tahukah anda bagaimana posisi tidur yang paling baik demi kesehatan seluruh anggota badan?
Ketika seseorang tidur tengkurap, menurut Dr. Zhafir Al-Athar, “Sesaat kemudian, ia akan merasakan sesak nafas. Sebab, beban punggung yang begitu berat menghalangi dada untuk mengembang dan mengempis saat menarik dan mengeluarkan nafas. Posisi tidur seperti ini juga dapat menyebabkan kebengkokan secara paksa pada ruas tulang tengkuk serta gesekan alat kelamin dengan tempat tidur yang mendorong untuk melakukan onani atau masturbasi. Selain itu, posisi tersebut dapat membuat jantung dan otak semakin bekerja keras.”

Baca Juga Selengkapnya di : Hadist Tidur Miring Ke Sebelah Kanan

3. Tidur dengan posisi kepala sedikit lebih tinggi
Usahakan bantal yang anda gunakan sedikit lebih tinggi dari biasanya, mungkin dengan di tambahi dua bantal

4. Tidak mengonsumsi alkohol
Terutama sebelum tidur. atau minuman yang bersoda, hal ini sangat mempengaruhi kualitas tidur anda.

5. Menghindari asap rokok
Ya penting sekali untuk menghindari asap rokok atau asap yang berbau menyengat, misalnya obat nyamuk bakar. akan tetapi saat ini mungkin sudah banyak racun nyamuk yang semprot.

6. Tidur dengan cukup
Apa itu tidur dengan cukup ?
Tapi, ada hal yang menarik dari urusan tidur ini. Di satu sisi, banyak yang mulai menyadari manfaatnya, sehingga mereka pun sangat menjaga kualitas tidurnya sebagai cara menjaga kebugaran tubuh; tapi di sisi lain, gaya hidup sehari-hari juga bisa membuat beberapa orang lainnya rela melepas jam tidurnya demi aktivitas lain. Seolah tak terlalu khawatir kalau mereka kekurangan jam tidur.

Alasannya bisa karena memang ada acara yang mesti dihadiri sampai dini hari, atau memang menggunakan waktu tidur atau istirahat untuk menggarap pekerjaan yang tak tuntas dikerjakan pada jam kantor. Apapun itu, intinya masih banyak juga orang yang biasa saja jika pola tidurnya masih berantakan.

Hindari kebiasaan itu, karena tubuh kita jelas butuh istirahat setelah dan sebelum beraktivitas. Jadi usahakan untuk tidur cukup, dengan durasi yang dianjurkan.

Baca Juga : Durasi Tidur ideal itu justru bukan delapan jam

7. Latihan untuk lidah dan tenggorokan
Dr. Joseph Mercola menyarankan untuk melatih lidah dan tenggorokan agar memperkuat bagian tubuh tersebut. Mulailah dengan meletakkan bagian atas dan bawah molar (gigi di kedua sisi bagian belakang rahang) bersamaan, perlahan-lahan. Berikutnya, buka mulut, fokus pada penekanan molar selebar mungkin. Ulangi ini sepuluh sampai 20 kali. Setelah 5 atau 10 menit akan merasakan otot rahang menguat.

8. Menghirup Uap
Gunakan mangkuk yang berisi air panas untuk menghasilkan uap. Letakkan kepala di atas mangkuk, tutupi dengan handuk dan hirup uap. Cara ini akan membersihkan dan mengurangi pembengkakan pada hidung dan meredakan hidung tersumbat. Minyak esensial juga bisa ditambahkan ke dalam mangkuk.

9. Alat penyangga mulut
Discovery Health menyarankan agar berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan alat penyangga mulut anti mendengkur. Alat ini akan menyangga gigi dan otot rahang di tempatnya sehingga tidak longgar.

10. Jaga kebersihan saluran hidung
Hidung yang bersih membuat seseorang bernapas dengan mudah dan tidak perlu melalui mulut yang menyebabkan dengkuran. Bila memiliki alergi, cobalah tablet antihistamin atau semprot hidung. Sebab ada beberapa alergi dan kondisi lain yang memengaruhi hidung atau pernapasan seperti sinusitis.

Pilihan

Beberapa hari ini, banyak sekali inbox dari video yang kami share ini berbagai media sosial, tentang anak-anak SMA beserta gurunya yang men...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel